Wikipedia Tanaman

Wikipedia tanaman merupakan sebuah blog yang berisikan informasi tentang dunia tanaman, seperti tanaman hias, tanaman obat, cara budidaya dll.

Responsive Ads Here

Thursday 21 September 2017

Mengatasi Jerawat Secara Alami dan Tradisional

Mengatasi Jerawat Secara Alami dan Tradisional

Jerawat dari dulu memang sering sekali jadi masalah utama yang menjengkelkan buat kita semua. Terutama terjadi kepada remaja, jika salah teknik untuk mengatasinya jerawat justeru dapat bertambah lebih banyak dan bahkan menimbulkan spot hitam atau bahkan bekas pada wajah.

Untuk mengatasinya ada sejumlah cara alami dan tanaman obat yang dapat kita pakai sendiri dirumah untuk mengatasi jerawat. Mau tau caranya? Yuk simak tips dibawah ini:

Cuci Muka dengan Air Seduhan Daun Sirih
Daun sirih Obat jerawat

Rebus Air dan 7-10 lembar daun sirih, (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang mengakibatkan jerawat sehingga dapat dipakai untuk membasuh muka lakukan dua atau tiga kali sehari.

Uap Daun Teh
Mengatasi Jerawat menggunakan uap daun teh


Wajah berjerawat dapat lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas, kemudian uapkan pada wajah yang berjerawat.

Potongan Kentang
Mengatasi Jerawat menggunakan kentang

Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.

Masker Temulawak
Manfaat temulawak sebagai obat jerawat

Masker lain yang dapat dipakai untuk menanggulangi jerawat ialah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah memakai masker temulawak akan membantu meningkatkan hasilnya.

Masker Daun Jambu Batu
Manfaat daun jambu sebagai obat jerawat

Tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium guajava) juga salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai masker anti jerawat.

Masker Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat dipakai untuk mencuci wajah berjerawat. Berdasarkan keterangan dari beberapa ahli kulit, belimbing wuluh mempunyai sifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).

Masker Mengkudu
Sementara buah mengkudu bisa dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Masker mengkudu tidak hanya menanggulangi jerawat, panu, kulit yang keriput dan kering juga dapat diatasi, otot-otot muka menjadi lebih relaks.

Masker Jeruk Nipis dan Tomat
Bisa juga dengan adonan masker Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan ke wajah pada malam hari sebelum istirahat dan baru dibersihkan pada pagi harinya. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum).

Masker Jagung Muda dan Bengkoang
Manfaat bengkoang sebagai obat jerawat

Sedangkan untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat memakai masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parut jagung muda atau bengkoang lalu oleskan ke bagian-bagian yang hitam kemudian diamkan hingga mengering.

Semoga dapat membantu dalam menghilangkan jerawat. Jangan lupa untuk selau menjaga kebersihan wajah.