Wikipedia Tanaman

Wikipedia tanaman merupakan sebuah blog yang berisikan informasi tentang dunia tanaman, seperti tanaman hias, tanaman obat, cara budidaya dll.

Responsive Ads Here

Monday 9 October 2017

Manfaat Tanaman Tomat dalam Kehidupan Sehar-hari

MANFAAT TOMAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS

Tanaman tomat yang masih termasuk ke dalam anggota famili Solanum ini memiliki rasa manis, asam, dan bersifat sejuk. Buah tomat mengandung asam malik, asam sitrat, adenine, trigonelline, choline, kalsium, fosfor, besi, klorin, karoten, histamin, kolin, tomatin, likopen, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Sementara daunnya mengandung alkaloid, amygdalin, arbutin, dan peptin.
Efek farmakologis yang dimiliki oleh tanaman tomat diantaranya berkhasiat sebagai antiseptik usus, antipiretik, penawar racun, penghilang rasa haus, melancarkan aliran empedu, pencahar ringan, dan merangsang keluarnya enzim lambung.

Manfaat tanaman tomat dalam kehidupan sehari hari

BUDIDAYA PERAWATAN TANAMAN

Perbanyakan tanaman tomat dapat dilakukan dengan biji. Tanaman tomat dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk secara berkala dengan pupuk dasar. Tanaman ini juga menghendaki tempat yang terbuka atau sedikit terlindungi.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA

Buah dan daun tanaman tomat dapat digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit sebagai berikut :

Borok kronis, kulit terbakar sinar matahari, dan kurap
Cucilah sampai bersih buah tomat segar atau daun tomat segar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan hasilnya secara merata pada bagian tubuh yang sakit.

Demam
Cucilah sampai bersih 3 butir buah tomat segar yang sudah masak, lalu iris tipis-tipis. Tambahkan ½ cangkir air matang, lalu lumatkan hingga halus. Peras tomat yang telah lumat tadi, lalu disaring dan diminum airnya sekaligus. Air ramuan ini juga bisa ditambah lagi dengan 1 sendok makan madu murni, kecuali bagi penderita kencing manis.

Hipertensi
Cucilah sampai bersih 1-3 butir buah tomat segar, lalu makan secara rutin setiap pagi hari sebelum sarapan/saat perut masih kosong.

Jerawat
Ambillah 1 butir buah tomat yang sudah masak, lalu dicuci sampai bersih dan diiris kecil-kecil. Menjelang tidur malam balurkanlah/tempelkanlah irisan buah tomat tadi ke bagian wajah yang berjerawat.

Lemas akibat gula darah rendah
Minumlah jus buah tomat segar secara rutin setiap hari/sampai sembuh.
Radang usus buntu dan sakit kuning
Buatlah jus buah tomat segar secukupnya, lalu minum secara rutin 3 kali dalam sehari, masing-masing 1 cangkir untuk sekali minum. Lakukanlah cara pengobatan ini sampai sembuh.

Catatan :
Kelebihan dosis dalam mengkonsumsi buah tomat akan menyebabkan badan menjadi lemas.
Penderita yang sensitive terhadap buah tomat dapat berakibat alergi akut pada saluran pencernaan karena zat yang ada di dalam buah tomat yaitu histamin, saponin, dan solanin.